Loading...

News

Peringati 10 Muharram, Muslimat NU Tambak Rejo Bagikan Santunan

Peringati 10 Muharram, Muslimat NU Tambak Rejo Bagikan Santunan

ansorsimokerto.com - Sahabat ansor, 10 Muharram sering kita kenal dengan istilah 10 Asyuro dan Idul Yatama (hari raya anak-anak yatim) yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram (Asyura) sebenarnya bukan hari raya sebagaimana hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Istilah Idul Yatama hanya sebagai ungkapan kegembiraan bagi anak-anak yatim. Karena pada tanggal tersebut, banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka.

Tradisi menyantuni anak yatim pada hari Asyura memang sudah ada sejak lama, dan dilakukan oleh masyarakat umum maupun para ulama. Dari tradisi tersebut lalu muncul istilah Idul Yatama (hari raya anak yatim). Namun, yang dimaksud Idul Yatama bukanlah hari raya seperti Idul Fitri atau Idul Adha, melainkan momen untuk membahagiakan hati anak yatim.

Berlatar belakang tradisi baik tersebut Selasa,10 muharram 1441H/10 september 2019M Muslimat NU Ranting Kelurahan Tambak Rejo bersinergi dengan GP Ansor Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya melaksanakan agenda acara bertaju "Santunan anak yatim,janda & dhuafa muslimat ranting tambak rejo 1"

Selain memberikan santunan kepada anak yatim, janda dan dhuafa, acara tersebut juga diisi motivasi organisasi oleh Ketua Rijalul ansor PAC Simokerto (Ahmad Romli), Ustadz Romli biasa beliau dipanggin memberikan motivasi kepada khalayak yang hadir agar dalam berorganisasi selalu mengedepankan kerjasama, disampin merawat hal-hal positif yang bermanfaat pada masyarakat.

Sebagai puncak acara yang dilaksanakan di jl.tambak madu gg 2 no 5 yg merupakan giat rutin tahunan Muslimat NU Ranting Kelurahan Tambak Rejo bersama denga GP Ansor Kecamatan Simokerto, diisi dengan Mau'idhoh Hasanah oleh penceramah asal surabaya KH.Usman Yunus.

Satu lagi hal yang perlu kita ingat bahwa momen 10 Muharram tidak pula dimaksudkan bahwa santunan kepada anak yatim, janda dan dhuafa hanya berlangsung pada hari tersebut, karena menyantuni anak yatim, janda dan dhuafa bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Wallahu A'lam Bishowwab.

Related Post